Posted by : Febriansyah Haq Senin

foto bahasa maduraTentang Bahasa Madura - Kalo ini blog Anak Madura akan share tentang seluk beluk bahasa madura. Admin tobat gak mau share download lagu lagi. Bahasa Madura adalah bahasa daerah (vernacular language) yang dipakai oleh orang Madura sebagai alat untuk berkomunkasi, untuk menunjukkan identitas dan eksistensi sebagai salah satu suku yang ada di nusantara yaitu suku Madura. Para ahli bahasa dan para peneliti bahasa Madura yang telah lama menekuni mengambil suatu kesimpulan yang berbeda-beda, antara lain ; bahasa Madura termasuk bahasa-bahasa Melayu-Polynesia yang dipakai kurang lebih 15 juta penduduk yang mendiami pulau maduradan pulau-pulau sekitarnya yang berada di ujung timur pulau Madura serta daerah pesisir utara pulau Jawa serta oleh komunitas-komunitas orang Madura yang tersebar di seluruh nusantara. 

Penutur bahasa Madura merupakan yang terbanyak ke empat dari 726 bahasa daerah di Indonesia setelah bahasa Indonesia, Jawa dan Sunda, terbanyak ketiga setelah bahasa Jawa dan Sunda.
Wurm dan Shiro Hattori (1891) mengurutkan pemeringkatan bahasa daerah di Indonesia berdasarkan jumlah penuturnya.
1. Jawa
2. Sunda
3. Madura
4. Minangkabau
5. Bugis
6. Batak
7. Banjar
8. Bali
9. Aceh
10. Sasak 

Bahasa Madura standar yang dipakai atau dianggap yang terbaik adalah dialek Madura bagian timur yaitu Sumenep dan diajarkan di sekolah tingkat SD dan SMP di seluruh Madura. 

Bahasa Madura seperti bahasa-bahasa daerah lain juga tidak luput dari bahasa asing, hal ini disebabkan karena bahasa sebagai alat komunikasi, alat untuk berpikir, alat untuk mewujudkan hasil karya dan alat untuk menunjukkan identitas, maka bahasa beserta unsur-unsurnya dapat dievaluasi, diubah, diperbaiki, diganti dan disesuaikan dengan perkembangan jaman, dan untuk keperluan pemakainya, maka sah saja untuk memasukkan unsur-unsur bahasa asing. 
aku rapopo bahasa madura
Bahasa Madura erat hubungannya dengan bahasa Jawa, banyak kita jumpai persamaan-persamaannya meskipun beda dalam pengucapannya. Setelah diteliti lebih lanjut, bahasa Madura tidak luput dari pengaruh bahasa-bahasa asing, antara lain ; bahasa arab dimana mayoritas orang Madura adalah muslim, bahasa Inggris, bahasa Belanda, bahasa Sanskerta, bahasa Portugis, bahasa Persia, bahasa Tamil dan lain-lain.

terimakasih telah membaca Tentang Bahasa Madura

bahasa madura, pengertian bahasa madura. tentang bahasa madura, sejarah bahasa madura, bahasa madura masa kini, bahasa madura masa dulu, bahasa madura lengkap, tentang bahasa madura lengkap

{ 17 Commets... read them below or Comment }

  1. saya sendiri kalo dipasar di daerah saya bingung ama orang yang lagi bicara pake bahasa ini mas.. saya malah mangap2 hehe.. namana bahasa tiap daerah beda2 itulah indonesia keren ;)

    BalasHapus
    Balasan
  2. Indonesia emang top banget ya mas, sangat beraneka ragam baik suku, budaya maupun bahasanya, hampir tiap daerah di Indoensia mempunyai bahasa daerah masing-masing. Kirain saya mah orang Madura itu bahasanya menggunakan bahasa jawa mas? Ternyata ada perbedaan ya mas...

    BalasHapus
  3. wah saya kurang paham dengan bahasa madura mas.. yang saya tau hanya pengulangan bahasa dan logatnya saja seperti yang sering di perankan di tivi tivi gitu mas... contohnya "duh aduh" begitu mas hehehehe

    BalasHapus
  4. Blogwalking Sob(y) Nyimak deeh :D

    Cara Mendapatkan Baclink berkualiast --> http://www.ariiff-rahman.com/2012/11/dalam-seo-search-engine-optimization.html
    Cara Menaikan Page Rank --> http://www.ariiff-rahman.com/2012/09/cara-cepat-menaikkan-pagerank-dan.html

    BalasHapus
  5. sebenrnya kan setiap daerah emang punya bahasa khasnya atau bahasa daerahnya, tapi entah kenapa untuk bahasa madura suka takut sendiri klo misal lagi keluar terus ada yang ngomong pakek bahasa madura . >.<

    BalasHapus
  6. bahasa madura lebih sulit ketimbang jawa

    BalasHapus
  7. Nyimak aja bang, bingung aku mau komen apa. Sebab ga ngarti bahasa madura.

    BalasHapus
  8. Sanget begus. Sakalangkong infonah.
    lihat www.indosurvei.com/mojibur
    Www.musafirmudaislam.blogspot.com

    BalasHapus

SILAKAN MISUH-MISUH ASALKAN JAGA KESOPANANNYA YA !!!!!

Mengenai Saya

Foto saya

Saya admin blog Anak Madura , Untuk Lebih jelas tentang saya, bisa dilihat di SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Anak Madura -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -