Posted by : Febriansyah Haq Rabu


Game Buatan Anak Madura Raih Juara Kedua Kompetisi IT DuniaKerja keras tim Solite Studio dari Universitas Trunojoyo Madura akhirnya membuahkan hasil. Di ajang kompetisi Microsoft Imagine Cup 2013 final tingkat dunia di Rusia, wakil Indonesia itu dinobatkan sebagai juara kedua mengalahkan pesaing lainnya dari berbagai negara.

Aplikasi game edukatif Save The Hamster yang mereka buat ternyata dinilai menarik. Save The Hamster adalah game untuk platform Windows Phone yang menceritakan tentang empat ekor hamster yang tersesat. Tugas pemain adalah membantu mereka untuk pulang ke rumahnya. 

Irving Hutagalung selaku Audience Marketing Manager Microsoft Indonesia dalam keterangan tertulis Senin (15/7/2013) mengatakan, game tersebut telah diunduh 30.000 kali hanya dalam waktu 2 minggu saja -- 20.000 pada Windows Phone dan 10.000 pada Windows 8.

Perasaan bangga tentu menyelimuti para jagoan IT asal Madura tersebut. Apalagi mereka menerima trophy di acara penghargaan Imagine Cup 2013 Worldwide Final, yang diadakan di Alexandrinsky Theater, St. Petersburg di hadapan lebih dari 800 pelajar, juri, mitra-mitra, pejabat dari Rusia serta jurnalis dari media-media di seluruh dunia. Mereka berhak membawa pulang hadiah senilai US$ 10.000.
Tim Solite Studio terdiri dari empat orang mahasiswa muda, yaitu Asadullohil Ghalib Kubat (Team Leader), Miftah Alfian Syah (Programmer), Tony Wijaya (Graphic Designer) dan Mukhammad Bagus Muslim (Game Designer). Mereka adalah salah satu dari 87 pelajar dari 71 negara yang berkompetisi di final tingkat dunia, setelah sebelumnya memenangkan kompetisi online dan lokal di tiap negara.

President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro menyambut gembira kemenangan Tim Solite Studio. "Kami sangat bangga dengan kemenangan Tim Solite Studio. Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa developer asal Indonesia sudah diakui bahkan yang berasal dari pulau kecil seperti Madura. Ini adalah pertama kalinya tim Imagine Cup dari Indonesia memenangkan penghargaan utama Imagine Cup di skala dunia", kata Andreas.

Senada dengan Andreas, Tim Solite Studio juga merasa bangga atas keberhasilan mereka di ajang Imagine Cup 2013 Worldwide Final. "Kemenangan ini memang mengejutkan kami. Tapi kami sebelumnya sudah optimis akan mendapatkan sesuatu di ajang final dunia ini," ucap Asadullohil Ghalib Kubat dari Solite Studio.

Menurutnya, setelah menang di tingkat Indonesia, timnya terus meningkatkan kualitas aplikasi yang mereka buat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang final melalui kegiatan mentoring yang disediakan Microsoft Indonesia.

"Semua kerja keras kami terbayarkan saat kami bisa membawa bendera merah putih Indonesia di panggung Imagine Cup 2013 skala dunia. Rasanya luar biasa bisa ikut membuat sesuatu yang nantinya dirasakan oleh seluruh dunia," kata Ghalib, mewakili teman-temannya

Download Save The Hamster android

{ 11 Commets... read them below or Comment }

  1. salut untuk mereka, membuat sejarah untuk yg pertama kalinya ya sob. hebat. saya ucapkan selamat buat mereka :)

    BalasHapus
  2. .. wachhhhh,, tersesat n pengen balik nich games nya. berarti adventure gitu ya?!? pengen nyoba dech game nya. huhh ..

    BalasHapus
  3. hebat juga anak madura...gue kira cuma tukang cukur n sate-nya yg terkenal hehehe :D



    komen back yeee

    BalasHapus
  4. luar biasa, jadi makin bangga saya sama Indonesia. ^_^

    BalasHapus
  5. keren kang gamenya , izin mendownload ya kalau ada :D

    BalasHapus
  6. prestasi yg membanggakan, mesti ada perhatian dan dikembangkan

    BalasHapus
  7. Inilah yang seharusnya Indonesia tampilkan di pentas dunia...
    Bukan malahan kasus-kasus korupsi yang semakin menggerogoti negara tercinta Indonesia ini

    BalasHapus

SILAKAN MISUH-MISUH ASALKAN JAGA KESOPANANNYA YA !!!!!

Mengenai Saya

Foto saya

Saya admin blog Anak Madura , Untuk Lebih jelas tentang saya, bisa dilihat di SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Anak Madura -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -